Selasa, 19 Februari 2019

RPP PPKT K13 MATERI SKI KELAS 7 SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) K-13
PRAKTEK PROFESI KEGURUAN TERPADU (PPKT)
DI SMP MUHAMMADIYAH 39 JAKARTA

Disusun oleh               :  Syifa Fauziah
Perguruan Tinggi         :  STAI Indonesia Jakarta

Satuan Pembelajaran   :  SMP Muhammadiyah 39 Jakarta
Hari/Tanggal mengajar: Senin, 11 Februari 2019 pukul 08:05-08:40 wib
Kelas / semester          :  VII (Tujuh) / Genap
Materi Pokok              : Tarikh (SKI) /
Tema Materi                :  Perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit (pertemuan ke 4)

A.                Kompetensi Inti
KI.1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI.3  Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang ada di rumah dan di sekolah.
KI.4  Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam cermin yang mencerminkan anak sehat dan yang mencerminkan perilaku beriman dan berakhlak mulia.

B.                 Kompetensi Dasar
1.1       Meyakini adanya sejarah dari perjuangan Rasulullah SAW
2.1       Menunjukkan perilaku dan sifat-sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW dalam berdakwah
3.1       Mengetahui secara garis besar hal-hal yang terjadi selama perjuangan Rasulullah SAW
4.1       Menyajikan kisah-kisah dari setiap perjuangan Rasulullah SAW

C.                Indikator
1.1.1        Siswa dapat menghayati perjuangan Rasulullah SAW di kota Madinah.
2.2.1  Siswa dapat menunjukan perilaku dan sifat-sifat Rasulullah di kehidupan sehari-hari.
3.3.1    Siswa dapat menjelaskan keutamaan kota Madinah
3.3.2     Siswa dapat menjelaskan perang yang terjadi selama Rasulullah SAW   berjuang di kota Madinah.
4.4.1    Siswa dapat mendemonstrasikan kisah-kisah perjuangan Rasulullah di kota Madinah
4.4.2    Siswa dapat mencerminkan dan mencontohkan perilaku Rasulullah
dalam  berjuang di kota Madinah di kehidupan sehari-hari

D.                Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui contoh, Siswa dapat mengambil hikmah dari setiap perjuangan Rasulullah SAW.
2.      Melalui contoh Siswa dapat mencontohkan perilaku Rasulullah SAW khususnya dalam belajar dan dikehidupan sehari-hari.
3.      Melalui contoh Siswa dapat mengetahui setiap kejadian dan peristiwa yang terjadi dalam perjuangan nabi Muhammad SAW di kota Madinah.

Karakter siswa yang diharapkan :
Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama.

E.                 Materi Pembelajaran

Haji Wada’ atau Haji Perpisahan merupakan haji terakhir bagi Muhammad, nabi umat Islam, yang dilaksanakan pada tahun 10 Hijriyah pada tahun 632 M di kota Mekkah.
Momentum yang amat penting dalam rangka pelaksanaan ibadah haji ini mengingatkan kita saat Nabi SAW menyampaikan pesan-pesan kepada umat Islam pada haji terakhir atau haji wada. Begitu penting pesan-pesan Nabi, hingga Beliau meminta kepada yang hadir untuk menyampaikan kepada yang tidak hadir.
"Wahai sekalian manusia. Dengarkan kata-kataku ini dan perhatikan! Setiap Muslim adalah saudara buat Muslim yang lain, dan kaum Muslim semua bersaudara. Seseorang tidak dibenarkan mengambil sesuatu dari saudaranya, kecuali jika dengan senang hati diberikan kepadanya. Janganlah kamu menganiaya diri sendiri."

Melalui pesannya itu, Nabi mengingatkan kepada umatnya untuk saling memelihara persaudaraan. Melalui persaudaraan insani ini, akan bertambah rasa cinta manusia satu sama lain. Dalam Islam, rasa cinta demikian tidak hanya terhenti pada batas-batas tanah air tertentu. Karena itu, manusia dari segenap penjuru dunia diminta untuk berkumpul di satu irama yang sama, tanpa adanya diskriminasi. Dan, tempat berkumpul terbaik untuk itu ialah di tempat memancarnya cinta ini, yakni di Baitullah. Dan itulah ibadah haji.

F.                 Sumber Pembelajaran
Pendidikan Tarikh SMP Muhammadiyah, Yogyakarta: Majelis pendidikan dasar dan menengah pimpinan pusat Muhammadiyah, 2018.

G.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Saintifik (Mengamati, menanya,
  mengasosiasikan, mencoba, mengkomunikasikan
2.      Metode            : Penugasan, tanya Jawab, ceramah

H.    Media Dan Alat Pembelajaran
1.      Media (Buku paket Tarikh SMP Muhammadiyah kelas 7)

I.       Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Guru menanyakan kabar kepada siswa
3.    Guru mempersilahkan ketua kelas memimpin doa
4.    Guru mengabsen siswa
5.    Guru mengulas materi sebelumnya kepada siswa.
6.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
5 menit

Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Guru mempersilahkan perwakilan siswa untuk membaca materi tentang “Haji wada”
2.      Siswa memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru
Menanya
1.      Guru mengajukan pertanyakan kepada siswa terkait materi yang sudah dijelaskan
2.      Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kembali tentang materi yang sudah dijelaskan oleh guru
Mencoba
1.      Guru memberikan tugas soal latihan akhir bab II per individu kepada siswa
Mengasosiasikan
1.   Siswa mengerjakan tugas soal latihan akhir bab II mengambil sumber dari buku paket tarikh
Mengkonfirmasikan
1.   Siswa mengumpulkan tugas soal latihan akhir bab II










25 menit












Ceramah






   Tanya jawab




Penugasan





Penutup
1.      Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.      Guru menutup kegiatan dengan membaca “Alhamdulillah”  
3.      Guru mengucapkan salam penutup.
5 menit



J.      Penilaian Hasil Pembelajaran

1)      Jenis/ Teknik Penilaian
a)      Penilaian Sikap (Afektif)
Teknik             : Non Tes
Instrumen        : lembar Observasi sikap
b)      Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
Teknik             : Tes
Instrumen        : Lembar Soal
                                i.            Individu (Penilaian afektif)
No
Kriteria Pengamatan
Skor Nilai
 (Sangat baik)
 (Baik)
 (Cukup)
 (Kurang)
1
Sikap mendengarkan guru




2
Tenang ketika mengerjakan




3
Sikap menghargai teman sebangku




4
Aktif bertanya




5
Rajin dalam membaca





                              ii.            Tugas soal latihan (penilaian kognitif)

1.          Kerjakanlah soal latihan akhir bab II !!

(skor ketepatan dalam menjawab 100)
















Mengetahui,                                                                            Jakarta, 28 Jan 2019


     Kepala Sekolah                  Guru Bidang Kurikulum                Guru Pamong




(Zulaeha Intan M, S.Pd)         (Resti Eliyani, S.pd)             ( Napis Shopiyulloh, S.pdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar